ACTION PLAN OSIS 2012
PROGRAM KERJA PMR DAN PROGRAM KERJA PRAMUKA
SMPN 1 KALIJATI
RENCANA AKSI (ACTION PLAN) PEMBINAAN KESISWAAN | ||||||
SEKOLAH : ……………………….. | ||||||
TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ||||||
NO | KOMPONEN PEMBINAAN | RINCIAN KOMPONEN PEMBINAAN | PROGRAM/KEGIATAN | |||
I | Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | 1 | Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing | |||
2 | Memperingati hari-hari besar keagamaan | |||||
3 | Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama | |||||
4 | Membina toleransi kehidupan antar umat beragama | |||||
5 | Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan | |||||
6 | Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah | |||||
II | Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia | 1 | Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah | |||
2 | Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial) | |||||
3 | Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan | |||||
4 | Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama | |||||
5 | Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah | |||||
6 | Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan | |||||
III | Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara | 1 | Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional | |||
2 | Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne) | |||||
3 | Melaksanakan kegiatan kepramukaan | |||||
4 | Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah | |||||
5 | Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan | |||||
6 | Melaksanakan kegiatan bela negara | |||||
7 | Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara; | |||||
8 | Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara | |||||
IV | Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat | 1 | Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian | |||
2 | Menyelenggarakan kegiatan ilmiah; | |||||
3 | Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) | |||||
4 | Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar | |||||
5 | Mendesain dan memproduksi media pemb | |||||
6 | Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian | |||||
7 | Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah | |||||
8 | Membentuk klub sains, seni dan olahraga | |||||
9 | Menyelenggarakan festival dan lomba seni; | |||||
10 | Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga. | |||||
V | Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural | 1 | Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing | |||
2 | Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa | |||||
3 | Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional | |||||
4 | Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat | |||||
5 | Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato; | |||||
6 | Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan | |||||
7 | Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah | |||||
VI | Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan | 1 | Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna | |||
2 | Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa | |||||
3 | Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi; | |||||
4 | Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim); | |||||
5 | Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus | |||||
VII | Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi | 1 | Melaksanakan perilaku hidup bersih dan she | |||
2 | Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS); | |||||
3 | Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS; | |||||
4 | Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja | |||||
5 | . Melaksanakan hidup aktif | |||||
6 | Melakukan diversifikasi pangan | |||||
7 | Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah | |||||
VIII | Pembinaan sastra dan budaya | 1 | Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra | |||
2 | Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan buday | |||||
3 | Meningkatkan daya cipta sastra; | |||||
4 | Meningkatkan apresiasi budaya. | |||||
IX | Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | 1 | Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran | |||
2 | Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi | |||||
3 | Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan | |||||
X | Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris | 1 | Melaksanakan lomba debat dan pidato | |||
2 | Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi | |||||
3 | Melaksanakan kegiatan English Day | |||||
4 | Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling) | |||||
5 | Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble | |||||
Nama Peserta: | Tandatangan Peserta: | |||||
1………………………………………………… | 1. …………………………………………….. | |||||
2………………………………………………… | 2. …………………………………………….. | |||||
3. ………………………………………………. | 3. ……………………………………………… | |||||
0 Response to "ACTION PLAN OSIS 2012"
Posting Komentar